Langsung ke konten utama

Menyambut Sunrise di Bukit Sikunir


Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi yang terletak di Pulau Jawa. Provinsi ini memiliki tidak kurang dari 35 kabupaten dan kota. Luas wilayah provinsi Jawa Tengah adalah 32.548 km² atau sekitar 28,94% dari Pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki banyak objek wisata. Objek wisata tersebut tersebar hampir di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Objek wisata yang ada pun sangat beragam, mulai dari gunung, air terjun, telaga, museum, candi bahkan pantai juga terdapat di provinsi ini.
Salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah adalah Kabupaten Wonosobo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara. Kabupaten Wonosobo merupakan daerah dataran tinggi. Karena berada di wilayah dataran tinggi sebagian besar objek wisata di Wonosobo merupakan pegunungan, kawah dan bukit. Objek wisata yang sangat terkenal di Wonosobo berada pada kawasan Dieng.



Kawasan dataran tinggi Dieng ini lah terdapat beberapa objek wisata yang menarik banyak pengunjung. Mulai dari objek wisata alami seperti pegunungan, kawah, pemandian air panas dan lain sebagainya ataupun objek wisata buatan seperti kolam renang. Banyaknya objek wisata di daerah dataran tinggi Dieng inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Objek wisata di daerah yang sangat dingin ini juga sangat cocok bagi wisata keluarga atau sekedar melepas penat bersama sahabat. Wisatawan yang berkunjung pun tidak hanya berasal dari daerah Jawa Tengah bahkan banyak wisatawan mancanegara yang penasaran akan keindahan alam yang dimiliki oleh dataran tinggi Dieng ini. Di dataran Dieng ini juga terdapat tugu bertuliskan “Welcome to Dieng” yang menjadi icon di kawasan ini, tidak sedikit yang mengambil foto ketika melewati daerah ini, mulai dari pagi hari sampai malam hari selalu ramai dengan pengunjung yang hanya ingin mengambil foto di tugu ini.
Dieng, terkenal dengan banyaknya pegunungan atau bukit, karena dieng ini berada di daerah dataran tinggi. Salah satu bukit yang terkenal di dataran tinggi Dieng ini adalah bukit Sikunir. Bukit ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi ketika berada di Dieng karena bukit ini terkenal dengan “Golden Sunrise” nya. Bukit yang memiliki ketinggian 2.565 meter diatas permukaan laut ini berada di daerah Sembungan, Wonosobo, tidak jauh dari tugu utama di Dieng atau sekitar 10 menit bila ditempuh dengan motor. Biasanya wisatawan yang ingin menikmati “Golden Sunrise” di Bukit Sikunir ini harus rela bangun lebih pagi dan berangkat sekitar pukul 04.00 WIB, karena pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 jam ke puncak Sikunir untuk dapat menikmati “Golden Sunrise” ini. Biaya masuk yang dikenakan untuk dapat menikmati “Golden Sunrise” ini cukup murah, hanya dengan Rp 10.000,- kita sudah dapat menikmati keindahan yang diberikan oleh Sikunir, tidak heran banyak pengunjung  yang datang setiap tahunnya karena biaya yang cukup murah. Apabila ingin menyambut matahari terbit dari Bukit Sikunir ini, wisatawan juga harus membekali diri dengan jaket dan sarung tangan untuk dapat menghangatkan diri, karena pada dini hari suhu di Bukit Sikunir ini sangat dingin. Di Bukit Sikunir ini juga terdapat mushoal, sehingga tidak perlu khawatir untuk tetap menjalankan ibadah ketika berkunjung ke Bukit ini.

Keindahan alam yang dimiliki oleh Bukit Sikunir ini bukan hanya “Golden Sunrise”, tetapi bukit ini juga dikelilingi oleh beberapa gunung seperti gunung Sindoro dan gunung Sumbing yang dapat terlihat jelas dari puncak bukit Sikunir. Selain itu, kita juga dapat melihat beberapa tempat wisata di Dieng dari puncak Sikunir. Bukit Sikunir ini memiliki beberapa puncak yang setiap puncaknya menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menyejukan mata. Saat di puncak juga kita dapat merasakan seperti berada diatas awan, karena pada pagi hari biasanya terdapat kabut yang sangat tebal menyerupai awan yang mengeliling bukit Sikunir ini. Banyaknya keindahan alam yang dimiliki oleh bukit Sikunir ini menyebabkan Sikunir menjadi destinasi wajib para wisatawan apabila berkunjung ke Dieng. Wisatawan juga banyak yang mengabadikan momen saat munculnya “Golden Sunrise”, tetapi saat cuaca mendung biasanya “Golden Sunrise” ini tidak terlihat, namun wisatawan tidak perlu khawatir karena dari puncak Sikunir tetap pemandangan alam tetap mempesona, sehingga dalam cuaca apapun wisatawan dapat mengambil foto ketika berada di bukit ini.




Oleh : Arum Setyarini
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)


Komentar

  1. Dieng keren ya, mbak. Saya belum pernah ke sana :(

    BalasHapus
  2. keren banget dan harus coba ngebolang disana ya @nhe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f