Langsung ke konten utama

Tentang Gunung

Gunung Merbabu (29/12/2016)

Katanya kalau mau tau sifat seseorang, maka ajaklah dia mendaki gunung. Bagiku gunung lebih dari sekedar ingin tahu sifat orang lain, tapi juga untuk mengetahui sifat kita yang sebenarnya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa seseorang akan terlihat sifat aslinya saat menghadapi kesulitan, tapi mendaki gunung bukan berarti kita hanya mempersulit diri. Walaupun banyak yang mempertanyakan “ngapain sih lu, naik gunung capek – capek trus ntar turun lagi, bahkan bisa mangancam nyawa lu sendiri juga?” Ya pertanyaan tersebut tidaklah salah, kalau dipikir pakai logika mungkin benar saja bahwa mendaki gunung terkesan tidak berfaedah, tapi bagiku tidak demikian.

Bagiku gunung bukan hanya sebagai tempat rekreasi, tapi juga sebagai tempat ‘lari’, ya tempat melarikan diri dari segala kepenatan, segala kejenuhan, segala rutinitas, bahkan sampai menjadi tempat menyembuhkan sakit hati. Bagiku gunung bukan sebuah tempat untuk pergi, melainkan tempat untuk pulang, tempat kita menemukan arti pulang yang sesungguhnya, saat kita mendaki tujuan kita bukanlah puncak, tapi justru pulang dengan selamat. Bagiku gunung sungguh mempunyai arti yang luar biasa, bukan
hanya tentang perpisahan tapi juga pertemuan, bukan hanya tentang tawa dan canda, bukan hanya tentang puncak dan keindahan lainnya, bukan hanya tentang aku dan kamu yang mungkin pernah menjadi kita kemudian menjadi aku dan kamu kembali, melainkan tentang besarnya kuasa Allah, tentang mengingat betapa kecilnya kita sebagai manusia.

Pertama kali aku mulai mendaki dan kemudian jatuh cinta dengan dunia pendakian pada tahun 2016, ya walaupun tidak sepenuhnya ku jatuh cinta karena pengalaman pertama naik gunung ini yang luar biasa. April 2016, aku dan temanku mengikuti pendakian masal dari salah satu kampus di Bogor, ya walaupun aku dan beberapa temanku bukan dari almamater kampus tersebut, tapi karena sifatnya open trip jadilah kami berangkat dari Jakarta. Aku pernah menuliskan kisah aku ini di tulisan sebelum – sebelumnya, udah agak lama sih jadi silahkan cari aja. Hehehe. Kembali ke kisah tadi, saat itu aku ke gunung Gede yang ada di Bogor ber enampuluh orang, karena emang pendakian massal. Ya singkat cerita aku sampai puncak hujan deras dan berkabut, dan fyi aku sama rombongan lain ke puncak dengan bawa carrier karena kita lintas jalur (naik via Cibodas, turun via Putri dan ngecamp di Surken), dan di puncak otomatis kita gak dapet view apa – apa tidak sesuai ekspektasi yang kubayangkan. Di camp pun hujan dan dingin banget, ya intinya jauh dari ekspektasi menyenangkan yang aku bayangkan, mungkin karena aku sebelumnya gak izin orang tua kalau mau naik gunung, jadilah kualat (jangan ditiru ya). Sebelum berangkat hari Jumat seperti biasa harusnya jadwal aku pulang ke rumah, tapi aku bilang gak bisa pulang karena mau pergi ke Bogor ada acara (bener dong gak bohong juga), tapi aku gak bilang mau naik gunung, kalau bilang pasti gak akan dibolehin, jadi aku putuskan akan bilang minggu depannya setelah aku kembali dan benar aku sudah lakukan. Ekspresi orang tua aku pas aku cerita aku naik gunung ya tentu saja kaget, tapi tau anaknya selamat dan gak kenapa – kenapa besokannya pas naik gunung aku izin dengan benar, hehehe.

Mulai dari april itu, akhir tahun aku diajak ke gunung Merbabu oleh salah seorang teman, ya tentu saja aku iyakan, karena aku merasa aku harus ulang naik gunung lagi, dan gunung kedua ini sungguh membuat ku jatuh sedalam – dalamnya untuk terus naik gunung. Aku mendapatkan apa yang aku cari. Berbincang tanpa harus saling menunduk masing – masing, indomie yang lebih enak dari biasanya, teman yang tidak egois dan saling memahami, badai yang rasa dinginnya mengalahkan AC bersuhu 16 derajat,samudra awan yang indah, menyembuhkan phobia ketinggian ku perlahan, dan perasaan dimana aku sebagai manusia sangat kecil. Yang terpenting aku sungguh mengagumi betapa hebatnya Allah, karena menciptakan alam yang begitu indah.

Kalau ditanya “kenapa sih naik gunung?” jawabannya simple “ya karena aku sudah jatuh cinta.”. Mungkin emang terkesan bodoh atau gak berfaedah tapi kalau sudah jatuh cinta mau gimana lagi. Dari pendakian kedua itu aku semakin jatuh cinta, semakin ingin mendaki ke berbagai gunung yang belum pernah aku daki. Bertemu dengan orang – orang baru, bercengkrama sambil ditemani indomie, kopi atau bersama kartu remi. Saling memberi motivasi, ya walaupun aku tahu banget motivasi hanya sekedar ilusi, seperti “semangat mba, puncak udah deket tuh, udah keliatan kok” atau “semangat mba puncak udah 5 menit lagi” dan pada kenyataannya aku mendaki sampai 2 jam lebih baru sampai puncak. Tapi itu hal yang sungguh aku rindu.

Kalau ditanya “gunung mana yang paling berkesan?” aku akan jawab semua gunung berkesan. Semua gunung yang pernah ku daki paling berkesan menurut aku, karena setiap perjalanan punya kisahnya masing – masing, dan masih terekam jelas dalam ingatan aku. Dari mulai kabut di puncak, kena badai di Merbabu, pendakian malam, hampir hipo, tenda dikelilingin babi hutan sampai luka lebam yang begitu parah akibat pendakian. Ya semua punya cerita dan teramat berkesan.

Kalau ditanya “kapan mau gantung carrier (berhenti mendaki sepenuhnya)?” jawabannya aku belum tahu, bahkan aku ingin mengajak anak – anak aku nanti naik gunung, hehehe (terlalu jauh mikirnya sih ini), tapi namanya juga harapan ya dan gak salah juga kan.

Kalau ditanya “pernah ada kisah horror gak di Gunung?” jawabannya Alhamdulillah selama aku mendaki belum ada kisah horror apapun, ya mungkin karena udah sugesti di dalam pikiran gak ada apa – apa kali ya, sama kalau kita naik gunung harus mematuhi aturannya, walaupun mungkin kita gak percaya ya tapi kita harus tetap menghormatinya.

Kalau ditanya “Kalau naik gunung gitu buang air kecil sama buang air besarnya gimana?” jawabannya ya di semak – semak lah karena gak semua gunung ada toilet. Kalau buang air besar sendiri, aku belum pernah sih, karena biasanya sebelum mulai naik aku BAB dulu (pokoknya ini wajib gimanapun caranya kalo aku), terus nanti turun baru BAB lagi.

Ya itulah sedikit banyak kisah aku tentang mendaki gunung. Aku bukan pecinta alam yang paham banget ilmu survival, hanya sekedar suka dan kemudian merealisasikan kesukaan itu. Aku pun bukan pendaki professional, melainkan hanya pendaki amatir, yang kadang pas mendaki kalau bertemu medan terjal jadi punya mental tempe. Hehehe

Semoga bermanfaat apa yang aku tulisan ini. Kalaupun gak bermanfaat semoga menghibur kalian yang membaca. Sampai jumpa di tulisan aku selanjutnya ya.. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f