Langsung ke konten utama

TENTANG CINTA

picture from google
Cinta sebuah kata yang hanya terdiri dari lima huruf, tapi memiliki sejuta makna. Mungkin kalau kita bahas cinta tak akan pernah ada kata selesai. Cinta sebuah kata yang selalu menarik untuk dibahas dan diperbincangkan. Cinta yang hanya dengannya dapat merubah seseorang, yang hanya dengannya dapat membuat kegaduhan, yang hanya dengannya bahkan dapat membunuh nyawa seseorang, tapi sungguh dengannya pula juga bisa membuat seorang bersemangat, yang dengannya pula membuat seorang rela berkorban, yang hanya dengannya pula dapat membuat seorang berjuang lebih besar.

Cinta banyak yang mengartikan sebuah rasa kasih sayang antar lawan jenis, yang membutuhkan 
pengorbanan, pembuktian, serta perjuangan bersama. Tapi sungguh makna cinta lebih dari itu, terlebih kalau kita baca buku – buku tentang sejarah Rasulullah. Cinta bukan hanya diartikan secara sempit tentang hubungan antara lawan jenis, cinta juga bisa diartikan rasa kasih dan sayang kepada keluarga, sahabat, teman, bahkan harta benda. Tapi lagi – lagi itu masih dalam makna yang sempit dan sementara. Cinta sejati adalah cinta kita kepada Sang Pemilik Cinta, dan cinta yang sejati telah dicontohkan oleh insan terbaik dan paling mulia yang memiliki cinta yakni Rasulullah.

Sungguh kita sangatlah beruntung menjadi umat Rasulullah, insan paling mulia yang memiliki cinta luar biasa, bukan hanya kepada RabbNya, bukan hanya kepada keluarganya, bukan hanya kepada sahabatnya, bukan hanya kepada umatnya, bahkan Rasulullah masih memberikan cinta kepada musuh – musuhnya. Kalau dibandingkan dengan kita, yang hanya memberikan cinta kepada orang – orang terkasih dan terdekat saja, kalau sama musuh mungkin kita akan menghardik, bahkan mensumpah serapahinya, tapi tidak dengan Rasulullah. Masih ingatkah tentang perjuangan dakwah Rasulullah di Thaif? Ketika itu perjuangan dakwah Rasulullah di Makkah sedang mengalami masa yang sulit, akhirnya Rasulullah mendatangi kota Thaif, letaknya lumayan jauh dari kota Makkah. Rasulullah mendatangi para pemimpin Thaif dan mengajak pemimpin tersebut kepada Allah, tapi bukan mendapatkan dukungan, Rasulullah justru mendapat cacian dari ketiga pemimpin tersebut. Lalu setelah tiga hari Rasulullah menyusur tiap sudut Thaif, mengetuk berbagai pintu, dan menawarkan Islam kepada siapapun yang beliau temui, namun Rasulullah malah mendapatkan pengusiran bahkan dilempari batu oleh penduduk Thaif. Allah SWT pun tak tega melihat kekasihNya disakiti, kemudian Allah mengutus Jibril, maka tampaklah Jibril dengan memenuhi ufuk. “Sesungguhnya Rabbmu telah mengetahui apa yang dikatakan dan diperbuat oleh kaummu terhadapmu. Maka Dia mengutus Malaikat penjaga gunung ini untuk kau perintahkan sesukamu.”

Lalu malaikat penjaga gunung menimpali, “Ya Rasulullah, perintahkanlah aku, maka akan aku balikkan gunung Akhsyabain ini agar menimpa dan menghancurkan mereka yang telah ingkar, mendustakan, mengusir, menista, dan menyakitimu.” Kalau kita yang ditawari seperti itu, pasti dengan lantang akan menjawab “IYA HANCURKAN SAJA MEREKA.” Tapi inilah sungguh luar biasanya cinta Rasulullah, beliau justru menjawab “Tidak, sungguh aku diutus sebagai pembawa rahmat, bukan penyebab adzab.” Dan betapa mulianya cinta Rasulullah, beliau justru mendoakan kelak dari rahim – rahim penduduk Thaif akan lahir keturunan yang mengesakan Allah dan tak menyekutukanNya dengan sesuatu apapun. Bayangkan sudah dihina, disakiti, dicaci, bahkan dilempari batu sampai kening nya berdarah, Rasulullah justru mendoakan kebaikan kepada penduduk Thaif tersebut.

Lagi – lagi kita harusnya bersyukur menjadi umat Rasullah, karena Rasulullah sangat mencintai umatnya. Dijelaskan dalam sebuah riwayat, suatu ketika saat kembali dari sebuah kunjungan, Rasulullah menangis. Kemudian para sahabat yang melihatnya bertanya “Apa yang membuatmu menangis ya Rasulullah?” Rasulullah menjawab “Aku rindu saudara – saudaraku.” Para sabahat pun kembali bertanya “bukankah kami ini saudara – saudaramu ya Rasulullah?” Rasulullah pun menjawab “tidak, kalian adalah sahabat – sahabatku. Saudara – saudaraku adalah mereka yang akan datang setelah aku dan mereka percaya kepadaku tanpa melihat aku.” MasyaAllah banget kan cinta Rasulullah kepada umatnya. Ada lagi bukti cinta Rasulullah kepada umatnya, bahkan saat beliau sakaratul maut, disaat menghadapi sakitnya sakaratul maut, Rasulullah berkata “betapa sakitnya sakaratul maut ini, maka timpakan seluruh rasa sakit umatku kepada ku saja.” Allahumma sholli ala Muhammad. Begitu tulus dan luar biasa cinta Rasulullah, bahkan beliau juga menyimpan doa dan syafaatnya untuk umatnya di hari pembalasan kelak. Semoga kita termasuk salah satu umat yang dirindukan Rasulullah serta mendapatkan syafaat dari Rasulullah. Allahumma sholli ala Muhammad. Sungguh begitu banyak bukti cinta Rasulullah kepada kita dan amat sangat panjang bahasannya kalau kita bahas seluruhnya.

Dalam sebuah hadits yang pernah disampaikan oleh Anas bin Malik, “ Sesungguhnya seorang akan bersama dengan apa yang dicintai.” Maka kalau saja cinta kepada orang lain bisa membuat kita sakit hati dan kecewa, sungguh cinta kepada Allah SWT dan Rasulullah Muhammad tidak akan pernah membuat kita sakit hati dan kecewa, kadang kita saja yang tidak peka bahwa Allah SWT dan Rasulullah begitu mencintai kita. So buatlah cinta kita lebih berfaedah lagi, buatlah kita bucin hanya kepada Allah dan Rasulullah. Allahumma sholli ala Muhammad.


Sumber : 
Fillah, Salim A. 2014. Lapis – lapis Keberkahan. Yogyakarta : Pro U Media
Isa, Sayf Muhammad. 2018. The Amazing Rasulullah. Jakarta : Ghazi
www. Islampos.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f