Langsung ke konten utama

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google

Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan fana. Justru dengan harta yang dimiliki itu, beliau memanfaatkannya untuk kepentingan islam.

Suatu hari, pada masa kemarau panceklik, dimana orang – orang miskin kesulitan mendapatkan air karena harus membelinya dari sumur orang Yahudi, Utsman bin Affan membeli sumur itu dan mewakafkannya untuk dimanfaatkan oleh orang – orang miskin tersebut. Pernah juga Utsman bin Affan menginfakan 700 ekor unta yang hendak dibeli oleh saudagar kaya, tapi beliau justru menyedekahkan unta tersebut. Saat pasukan muslim ingin pergi ke Tabuk bersama Rasulullah, Utsman bin Affan juga menanggung perbekalan 3.000 pasukan muslim yang tidak memiliki bekal untuk melakukan perjalanan. Bayangkan 3.000 perbekalan pasukan muslim itu artinya bukan masalah makan saja tapi juga termasuk dalam hal kendaraan dan lain sebagainya, jadi ibarat kata pasukan muslim yang ditanggung ini hanya tinggal berangkat bawa badan. Coba bandingkan dengan orang terkaya yang ada saat ini, adakah yang sampai bersedekah sebanyak itu? Ini cukup dijawab di hati masing – masing saja.

Para sahabat Rasulullah ini amat sangat luar biasa keimanannya, mereka memandang dunia ini tidak ada apa – apanya, mungkin kalau dibandingkan dengan keimanan kita saat ini, sekuat – kuatnya iman kita adalah selemah – lemahnya iman para Sahabat, atau mungkin tidak akan sampai keimanan kita dengan para sahabat. Ketika kita membaca kisah para sahabat mungkin terbesit dalam hati “Enak ya hidup di zaman Rasulullah, kita bisa berguru langsung dari Rasulullah, bertemu dengan Rasulullah, membersamai Rasulullah dalam suka duka serta dakwahnya, dan lain sebagainya bersama Rasulullah.” Sungguh kita harus berhati – hati ketika berpikir seperti itu, dalam sekilas memang tidak ada yang salah dari pernyataan tersebut, tapi bila diteliti, bisa jadi pernyataan tersebut adalah bentuk ingkarnya kita atas ketetapan Allah. Allah sudah menakdirkan kita hidup di akhir zaman, zaman dimasa yang jauh berabad – abad dari zaman Rasulullah, tapi bukan perkara hidup di zaman apa dan zaman siapa, tetaplah kita harus beriman kepada Allah dan Rasulnya. Boleh jadi ketika kita hidup di zaman Rasulullah, kita bukan menjadi sahabat yang senantiasa membersamai Rasulullah, boleh jadi ketika kita hidup di zaman Rasulullah jutru kita menjadi musuh Rasulullah seperti Abu Jahal atau Abu Lahab, beruntung kalau sebelum kita wafat kita mendapatkan hidayah, seperti Umar bin Khattab, yang tadinya ingin membunuh Rasulullah jadi bersyahadat di hadapan Rasulullah.

Sungguh setiap ketetapan Allah tidak akan ada yang salah dan tanpa tujuan, termasuk kita saat ini yang mengaku islam di akhir zaman, yang fitnahnya luar biasa. Masalahnya tinggal pada diri kita, yang ingin meneladani kisah Rasulullah dan para sahabat atau tidak. Lagi – lagi ajaran Rasulullah itu berlaku untuk sepanjang zaman, dan bisa jadi Allah menghidupkan kita di akhir zaman ini karena Allah menginginkan kita mengambil bagian dari kebangkitan Islam dan mengamalkan ajaran Rasulullah. Kita pun sebagai umat Rasulullah Muhammad yang belum pernah berjumpa harusnya lebih bersyukur, karena pernah suatu ketika Rasulullah tiba – tiba menangis, sahabat yang mendampingi beliau pun bertanya “Wahai Rasulullah mengapa engkau menangis?” Rasulullah menjawab, “Aku merindukan umatku yang kucintai.” Para sahabat pun kebingungan kemudian bertanya “Bukankah kami disini ya Rasulullah?” Rasulullah pun menjawab, “Tidak, kalian adalah sahabatku, umatku yang ku cintai adalah mereka yang percaya kepadaku, padahal mereka tidak pernah berjumpa dengan ku dan melihat aku.” Allahumma sholli ala Muhammad.

Sumber :
Fillah, Salim A. 2014. Lapis – lapis Keberkahan. Yogyakarta : Pro U Media
Podcast Sayf Muhammad Isa


Komentar

  1. setelah baca ini, jadi sadar kalo hidup di jaman sekarang emang berat banget, beratnya karna gampang kena dosa. kalo buka instagram, pasti ada konten dewasa. di TV juga, di tiktok apalagi.
    emang bener sih, udah paling enak di jaman rosul dah pokoknya. sekalipun kerjaan kita nongkrong, tapi nongkrongnya sama para sahabat rosul, dan obrolannya pasti berfaedah, entah itu membahas ketauhidan, atau fiqih.
    semoga kita jadi orang yang selamat dunia akhirat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..