Langsung ke konten utama

PENTINGNYA INFORMASI

picture from google

Pernahkan Anda berpikir, mengapa setiap orang mempunyai pola pikir dan pola sikap yang berbeda? Apa yang menyebabkan perbedaan itu? Sebagai contoh, ada dua orang yang mendapatkan permasalahan yang sama, tapi orang tersebut mempunya respon yang berbeda, atau ada dua orang menonton berita bersama tentunya isi berita, orang yang menyampaikan, waktu penyampaian bahkan media penyampaian berita tersebut pun sama, tapi bisa jadi kedua orang tersebut memberikan respon yang berbeda. Nah apa sih yang mempengaruhi itu terjadi atau penyebab utama semua itu? Jawabannya adalah INFORMASI.

Saya pertegas kata informasi disini karena inilah penyebab dari setiap pola pikir, pola sikap atau bahkan keyakinan kita dalam menghadapi sesuatu. Misalnya keadaan yang sama dihadapi oleh dua orang bisa menyebabkan perbedaan respon yang diberikan, hal tersebut disebabkan oleh perbedaan informasi sebelumnya yang diterima oleh kedua orang tersebut. Sebagai contoh, si A biasa mendapatkan informasi terkait selalu berpikir positif karena buku yang ia baca adalah buku – buku self improvement, sedangkan si B biasa mendapatkan informasi terkait drama – drama karena ia biasa menonton drama korea atau sinetron, maka respon yang diberikan oleh kedua orang ini tentu akan berbeda. Si A akan selalu berpikir positif saat menghadapi sebuah masalah, sedangkan si B cenderung akan bersikap ‘lebay’ atau mengutamakan perasaannya saat menghadapi masalah.

Informasi dapat diperoleh dengan berbagai cara, jadi dalam kata lain informasi tidak hanya diperoleh dari buku – buku bacaan saja, buku bacaan hanya salah satu dari berbagai cara memperoleh informasi. Informasi dapat diperoleh dari tontonan, diskusi dengan orang lain, jurnal – jurnal ilmiah, bahkan dari sekedar media sosial yang sering kalian lihat. Informasi yang kalian terima ini nantinya akan menjadi sebuah pemikiran, kemudian apabila informasi tentang suatu hal terus menerus kalian terima akan membentuk suatu keyakinan, setelah itu akan menghasilkan tindakan yang akan kalian berikan berdasarkan informasi yang telah diterima, apabila tindakan tersebut dilakukan secara terus menerus akan menjadi sebuah kebiasaan, dan kebiasaan yang secara berulang kalian lakukan ini akan menjadi kepribadian. Dalam islam sudah dijelaskan bahwa seharusnya seorang muslim apabila ia ingin bertaubat maka ia diharuskan berkumpul dengan orang – orang shalih, bukan karena islam tidak toleran, tapi dengan tujuan supaya kita yang baru ingin bertaubat dapat memperoleh informasi – informasi baik dari orang – orang shalih ini. Islam pun menjelaskan terkait pentingnya informasi, yakni informasi akan membentuk aqliyah (pola pikir), kemudian dari aqliyah akan terbentuk nafsiyah (pola sikap), dan selanjutnya menjadi syaksiayah (kepribadian).

Kepribadian ini dapat dibentuk sedini mengkin, tentunya apabila kita ingin membentuk sebuah kepribadian yang baik, cerdas, tangguh, tanggung jawab, maka kita harus mencari informasi – informasi yang serupa. Tidak akan mungkin kita dapat membentuk kepribadian yang kuat tapi tontonan kita justru drama – drama Korea yang ‘bucin’, tidak akan mungkin kita membentuk kepribadian yang cerdas tapi yang kita follow di instagram akun – akun ‘tiktokan’ yang lebih banyak ‘unfaedah’ nya. Tidak akan mungkin kita membentuk kepribadian yang baik, tapi justru bacaan kita adalah bacaan – bacaan yang jauh dari segi kebaikan. Dalam islam pun sudah ada sebaik – baik informasi yakni Al – Qur’an dan Hadits, sebaik – baik contoh teladan perilaku yakni Rasulullah. Panduannya sudah amat sangat lengkap, tinggal kita yang mau memilihnya atau tidak.

So, linearkan informasi kita dengan tujuan kepribadian yang kita inginkan.


Sumber : kajian Yes Yuk Ngaji Jakbar disampaikan oleh trainer Asep Maulana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f