Langsung ke konten utama

Dimuliakan atau Disamakan

Assalamu'alaikum para readers, yang semoga selalu dalam rahmat dan lindungan Allah. Alhamdulillah masih berkesempatan untuk mengisi blog lagi. Nah karena kebetulan hari ini bertepatan dengan Hari Kartini atau yang lebih sering dikenal dengan hari emansipasi wanita, jadi hari ini kita sedikit bahas tentang wanita yah gais.. Sebenarnya sih udah lama saya mau buat tulisan terkait peran wanita itu sendiri, tapi seperti yang sudah sudah mood selalu menjadi kendala. *jangan ditiru ya..

Yasudah langsung kita bahas saja ya gais biar gak kepanjangan prolog..
Oke kita mulai dari sejarah wanita di berbagai negara.
image from google


Kita mulai dari Negara Yunani, sebuah negara yang dikenal sebagai negara yang banyak melahirkan ilmuwan hebat, mulai dari Aristoteles, Plato, Socrates dan lainnya (koreksi kalau ada yang salah ya..). Iya banyak ilmuwan hebat lahir disini, tapi justru sejarah mencatat bahwa di negara ini wanita diperlakukan sangat tidak terhormat. Wanita dari kalangan elite diperlakukan selayaknya tahanan, ia disekap di istana, sedangkan wanita dari kalangan bawah malah dijadikan komoditi untuk diperjual belikan. Tugas wanita pada masa ini adalah sebagai pemuas kaum pria saja.

Selanjutnya kita pindah ke negara Romawi, negara yang terkenal dengn peradabannya yang besar pada zaman sebelum hadirnya Islam, tapi ironisnya sejarah mencatat bahwa kedudukan wanita saat peradaban Romawi tidak jauh berbeda dengan Yunani. Wanita saat itu kedudukannya sebanding dengan budak yang tugasnya menyenangkan dan menguntungkan tuannya, wanita tidak diizinkan mengambil bagian dalam segala urusan. 

Kita bergeser ke India, pada masa India Kuno kedudukan wanita hanya sebagai barang pelengkap bagi kaum pria. Bahkan dikenal istilah Sumangali dharma yang berarti kesetiaan dan pelayanan seksual penuh seorang istri kepada suaminya. Bahkan dalam tradisinya seorang istri memanggil suaminya "yang mulia", dan jika suaminya, maka setiap janda harus melakukan tradisi SATI yaitu membunuh dirinya sendiri sebagai pengabdian kepada suaminya.

Kita lanjut ke Negera Cina. Dalam sejarah Cina Kuno seorang anak perempuan tidak mendapat tempaat yang wajar didalam keluarganya. Mereka menderita sejak masa kanak - kanak, bahkan dalam keluarga miskin gadis - gadis dijual sebagai budak kepada keluarga kaya atau bahkan malah diperbudak oleh keluarganya sendiri.

Kita masuk ke Arab, masa dimana Arab masih dalam keadaan Jahiliyah belum hadirnya Islam. Bahkan pada masa itu orang - orang Arab sangat malu kalau ia memiliki anak perempuan, maka banyak anak perumpuan yang dikubur hidup - hidup karena apabila ia membesarkan anak perempuannya itu berarti menanggung aib keluarga. Astagfirullah..

Di Eropa yang saat ini sangat terkenal sebagai bangsa yang hebat. Sesungguhnya di Eropa pernah ada pembantaian besar - besaran terhadap kaum wanita. Saat itu sedang terjadi wabah penyakit, nah menurut kepercayaan orang Eropa saat itu, sihir adalah sumber dari semua musibah yang ada. Mereka percaya bahwa wanita lah tempat menampung setan dan roh, oleh karena itu mereka membakar wanita hidup - hidup. 

Dari sejarah yang kita ketahui tersebut maka munculah gerakan kesetaraan gender, dimana kaum feminis menginginkan wanita mempunyai hak yang sama seperti laki - laki. Padahal dalam Islam wanita sudah amat sangat dimuliakan. Islam telah mengatur wanita dengan sebaik - baiknya dimana wanita seperti berlian. Kalian tau kan berlian adalah sebuah benda yang sangat mahal harganya dimana tidak semua orang bisa membeli dan memilikinya. Itulah wanita dalam Islam dimana tidak sembarang orang bisa menyentuhnya, wanita benar - benar dijaga dalam islam maka kemanapun ia pergi ia harus didampingi dengan mahramnya. Hal tersebut bukan membuat wanita menjadi tidak bebas tapi justru untuk menjaga kemuliaan wanita supaya wanita terlindungi dan aman saat beraktivitas. Wanita diminta menutup aurat seluruh tubuh kecualu wajah dan telapak tangan supaya tidak semua orang bisa seenaknya melihat keindahan tubuhnya. Itulah sebagian kecil contoh dari cara Islam memuliakan wanita.

Nah kita bahas ke Ibu Kartini. Raden Ajeng Kartini adalah salah seorang wanita keturunan bangsawan pada masa penjajahan Belanda. Kartni merasa wanita juga harus mendapatkan pendidikan yang layak saat itu. Dan R.A. Kartini mendapatkan inspirasi untuk berjuang itu justru dari pengajian. Jadi pada suatu hari Kartini menghadiri pengajian yang diberikan oleh KH Soleh Darat, seorang ulama besar yang juga merupakan guru dari KH Hasyim Ashari. Pada pengajian itu Kyai Soleh membahas makna Al Fatihah yang membuat Kartini tertarik dengan cara sang Kyai menjelaskan cara hidup dan membumi. Berawal dari situlah kemudian Kartini mulai menuliskan surat kepada temannya di Belanda yang kumpulan suratnya nanti dikenal dengan "Habis Gelap Terbitlah Terang" terkait memuliakan kaum wanita di negaranya yang sedang dijajah.

Jadi, Kartini bukan meminta untuk wanita Indonesia disamakan haknya dengan kaum pria, tapi beliau ingin wanita dimuliakan, layaknya Islam memuliakan wanita. Maka dari itu, kita haruslah mempelajari kisah Kartini dan terus menginspirasi, serta ambil peran sesuai kemampuan masing - masing yang jelas tidak boleh bertentangan dengan syari'at. Itu juga sebagai pengingat saya pribadi.

Itulah sedikit penjelasan yang saya ketahui, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampian, semoga dapat bermanfaat untuk para reader.

Wassalam.

Sumber :
Siaw, Felix. 2018. Wanita Berkarir Surga. Jakarta : Alfatih Press
Instagram @gen.saladin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f