Langsung ke konten utama

Kerennya Islam

Assalamu'alikum warrahmatullah wabarakatuh para readers...
Pada postingan kali ini saya ingin sedikit membahas ilmu yang baru sedikit saya ketahui ini. InsyaAllah saya akan bahas dengan menggunakan bahasa yang lebih ringan sesuai pemahaman saya sebagai orang awam yaa..

Bismillah kita mulai dari pertanyaan sederhana terlebih dahulu. 
Apa itu Islam dan kenapa harus Islam?
picture from google
Ya jawaban sederhana yang mungkin akan muncul dari mulut kita, Islam adalah sebuah agama dan kenapa Islam karena kita terlahir sudah Islam atau mungkin ada yang jawab karena Islam adalah agama yang paling benar. Itu sama seperti jawaban saya dahulu ketika tahu Islam hanya sebatas syahadat, shalat, puasa, zakat dan pergi haji jika mampu, tapi ketika saya mulai resah dengan pertanyaan tersebut dan mencari tahu jawaban saya akan muncul pertanyaan apa bener Islam itu agama yang paling bener terus tahu dari mana kalo Islam itu agama yang paling benar. Nah akhirnya saya cari tahu lebih dalam tentang Islam baru beberapa tahun silam sih mungkin bisa dibilang kategori terlambat untuk belajar agama kali yaaa... Tapi saya kuatkan lagi bahwa gak ada kata terlambat untuk belajar. Dan setelah saya cari tahu ternyata Islam adalah agama yang luar biasa keren, karena apa karena Islam gak hanya ngurusin tentang ibadah kita dengan Allah tapi ngurusin dari hal paling remeh temeh seperti keluar masuk toilet sampai hal bernegara. Yuk kita bahas satu persatu..


Islam itu adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengatur hubungan manusia dengan Allah, dengan dirinya sendiri, dan dengan sesamanya (Felix Siauw, 2018). Berdasarkan definisi tersebut sudah jelas bahwa Islam bukan hanya perihal syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji, tapi lebih dari itu dimana Islam mengatur tentang diri sendiri juga bahwa manusia tidak boleh zolim terhadap diri sendiri, sebagai contoh manusia harus makan - makanan yang bergizi dan pastinya halal agar tubuhnya sehat. Selain itu, Islam juga mengatur hubungan dengan sesamanya artinya hubungan manusia dengan manusia lain, seperti ada adab bertamu, adab bertetangga dan dalam lingkup yang lebih besar ada sistem pemerintahan Islam.

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah kenapa harus Islam? Nah jawabannya adlah karena Islam adalah agama yang paling benar dan sudah disempurnakan Allah, tau dari mana? Nah ini pentingnya belajar Al - Qur'an, di dalam Q.S. Ali Imran ayat 19 disebutkan bahwa "Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya." Nah dari surat tersebut sudah amat sangat jelas bahwa agama yang Allah ridhai hanya Islam, Allah sudah berfirman dalam Al - Qur'an lantas kita masih ragu? Kalo ragu coba di cek lagi aqidah kita, terus dibuka lagi Al - Qur'an nya dan di pelajari lagi Islamnya, mungkin kita hanya kurang belajar dan kurang cari tahu. 

Islam tuh agama yang super lengkap, karena islam bukan hanya mengatur masalah - masalah moral keakhiratan, tetapi Islam juga mengatur masalah kehidupan dunia, seperti masalah politik, ekonomi, sosial, pemerintahan, pendidikan, sanksi hukum, dan sebagainya. Ajaran Islam dibagi menjadi aqidah dan syariah. Aqidah adalah pemikiran yang menyeluruh mengenai manusia, kehidupan, serta hubungan antara semuanya dengan apa yang ada sebelum kehidupan (Pencipta) dan etelah kehidupan (hari kiamat), serta mengenai hubungan semuanya dengan apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan (syariat dan hisab) yang diyakini oleh hati dan diterima oleh akal, sehingga menjadi pembenaran yang bulat sesuai dengan realitas dan bersumber dari dalil. Sedangkan syariat adalah bentuk aturan - aturan dalam Islam baik mengatur dirinya dengan Allah, dengan dirinya sendiri, ataupun dengan sesamanya. 

Rasulullah SAW dalam menyebarkan Islam juga diberikan mukjizat berupa Al - Qur'an, dan hebatnya mukjizat Rasulullah dibanding dengan Nabi - Nabi terdahulu adalah apabila Nabi - Nabi terdahulu telah wafat maka mukjizat tersebut akan hilang bersama wafatnya Nabi tersebut, namun Al - Qur'an ini tetap ada walaupun Rasulullah wafat. Seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Nabi terakhir dan penutup para Nabi, oleh karenanya Allah menjadikan mukjizat Rasulullah ini tetap ada supaya umat manusia tidak salah jalan dalam hal apapun, karena Al - Qur'an ini adalah pedoman kita dalam bertindak dan melakukan sesuatu. Dan dalam firman Nya, Allah juga telah menjamin bahwa tidak ada keraguan dalam Al - Qur'an juga Allah menjamin bahwa Al - Qur'an ini  benar tidak ada yang dapat memalsukan. Bahkan saking hebatnya Al - Qur'an banyak ilmuwan yang membuktikan kebenaran kandungan Al - Qur'an dengan ilmu sains. Nah kalo udah kayak gini ya pasti Allah yang menciptakan Al - Qur'an itu karena gak mungkin isi nya tepat kalo bukan dari Sang Pencipta langsung. 

Nah itu beberapa kekerenan Islam yang saya jabarkan mungkin amat sangat singkat karena ilmu saya yang masih sangat sedikit juga. Kesimpulan yang dapat saya berikan adalah Islam itu keren banget makanya jangan pernah berhenti untuk menggali dan belajar lebih dalam tentang Islam, juga mari kita terapkan Islam secara kaffah karena dari situ semua permasalah dapat terselesaikan. Dan satu lagi Islam itu bukan prasmanan yang kita ambil hanya yang mau saja.

Sekian dari saya semoga bermanfaat..
Wassalam

Sumber :
Al - Qur'an
Siauw, Felix. 2018. Islam Rahmatan Lil Alamin. Jakarta : Alfatih Press

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f