Langsung ke konten utama

TENTANG MASA DEPAN

 


“Aku kalau udah gede nanti mau jadi dokter, biar bisa nyembuhin orang yang sakit dan gak punya uang.” Itulah kira – kira perkataan polos seorang anak kecil kepada ibunya, atau gurunya atau bahkan temannya perihal cita – cita. Seharusnya memang perkataan itu terpatri tetap sampai si anak dewasa, tapi faktanya banyak yang ketika dewasa dan mengetahui dunia seperti apa malah jadi mundur dan menyerah. Tak sedikit juga yang memberi batasan diri “Kayaknya gue gak bisa deh jadi dokter.” atau “Jadi dokter itu harus pinter, banyak duit, sekolahnya lama, gue mana bisa.” dan kata – kata lain yang memberi batasan kepada diri kita sendiri. Sebenarnya kita mungkin bisa saja berusaha lebih keras dan lebih maksimal untuk mewujudkan cita – cita polos masa kecil kita, tapi alih – alih berkata harus realistis kita justru membatasi diri kita sendiri.

“Masa depan itu hanya Allah yang tahu, kitamah sebagai hamba tinggal jalanin aja.” Si anak yang kini sudah beranjak dewasa dan mulai mempelajari kehidupan berkata dengan gaya ‘sok bijaknya’. Takdir banyak yang berpendapat soal sebuah kata tersebut, ulama pun memiliki penafsiran yang beragam. Lantas kita ikut yang mana?

Pada sebuah kajian yang diberikan oleh ustadz Felix, ya mau pendapat soal takdir kita sebagai muslim harunya bijak dalam bertindak dan berpikir. Takdir memang sebuah misteri, masa depan yang tidak pernah kita tahu seperti apa kita ke depannya. Saya pun tak tahu akan menjadi diri saya di usia yang sekarang. Dahulu saya hanyalah seperti anak kecil polos yang berangan ingin jadi ini dan itu, nyatanya saya hari ini tidak sepenuhnya seperti apa yang saya angankan. Menyesal? Tentu tidak, karena ini bagian dari scenario yang sudah Allah tuliskan di Laufudz Mahfuz. Jodoh, rezeki, maut semua sudah tertulis rapi dalam scenario Allah. “Lantas kita gak perlu ngapa – ngapain dong, toh semuanya sudah Allah yang tentukan?” Tentu tidak seperti itu berpikirnya.

Sebagai seorang muslim, yang punya tuntunan super komplit dari mulai kitab Al –Qur’an dimana memang Allah sendiri yang sudah jamin keasliannya sampai akhir jaman, sampai perilaku yang sudah Rasulullah ajarkan kepada kita, maka sudah selayaknya muslim itu ya harus produktif. “Lah kalau begitu kita gak percaya sama takdir Allah juga dong?” Bukan begitu pola pikirnya ya.

Jadi gini, benar masa depan itu tidak ada yang tahu, Allah rahasiakan bagaimana kita di masa depan, Allah rahasiakan kapan kita mati, kapan kita sakit, kapan kita dapet bonus dan lain sebagainya. Untuk apa? Supaya kita sebagai manusia berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan sesuatu, nah tentunya sesuatu ini yang Allah ridhai ya. Nanti ketika kita sudah melakukan sesuatu dengan maksimal, untuk urusan hasil ini adalah kehendak Allah, jadi ya biar Allah yang ngatur hasilnya seperti apa, kita tinggal mengimani saja. “Terus kalau kayak gitu Allah gak adil dong, masa kita udah usaha maksimal nanti Allah kasih gagal?” Eits harus hati – hati ini. Tentunya kita tahu Allah Maha Adil kan, nah kalau kita gagal tentu itu yang terbaik untuk kita, pasti aka nada hikmah di dalamnya. Oke kita ambil contoh seperti ini, misal saya menulis di blog ini, tujuannya tentu untuk mengajak orang ke dalam kebaikan, dalam tulisan saya ini tentu saya belajar bagaimana cara menulis dulu dan saya usahakan untuk banyak membaca buku supaya apa yang saya tulis ini terpercaya, atau minimal saya dengar dari para ustadz baru saya tuliskan ulang. Nah intinya saya maksimalkan dalam tulisan saya, ya walaupun masih banyak banget kekurangan dari tulisan saya ini. Untuk hasilnya? Apakah dari tulisan saya ini banyak orang yang menjadi baik atau tidak, itu mutlak urusan Allah. ya saya percayakan saja sama Allah mau hasilnya seperti apa. Karena apa kalau saya maksa hasilnya harus banyak orang yang berubah dari tulisan ini, sama saja saya seperti mendikte Allah, padahal saya hanya seorang hamba yang banyak kurangnya, yang ada saya malah kecewa nantinya.

Contoh lain, kalian sudah belajar mati – matian supaya nilai ulangan bagus, eh ternyata nilai ulangannya ya pas KKM aja, padahal kalian berharap banget biar dapet 100. Nah terus terbesit dalam pikiran kalian “ngapain gua belajar sampe bagadang, toh hasilnya juga segitu aja.” atau “mending tadi gua nyontek aja, capek – capek begadang ujungnya segitu juga.” Ini yang salah dalam berpikir. Jadi sudah benar kalian belajar secara maksimal tapi balik lagi, untuk hasil itu urusan Allah, kalian sebagai hamba hanya bisa usaha maksimal dan jujur. Mungkin dari hasil KKM tadi Allah kasih supaya kita terhindar dari sifat sombong atau sifat buruk lainnya, dan yakin deh atas usaha maksimal yang kita lakukan selama itu mencari ridha Allah dan kita ikhlas pasti ada pahala buat kita. Bisa saja didunia nilai kita hanya 75 tapi Allah kasih nilai 100 untuk kita atas keikhlasan atau tawakal kita.

Intinya, kita sebagai manusia memang tidak pernah tahu di masa depan kita seperti apa, tapi hal itu bukan menjadikan kita tidak produktif. Selalu berusaha maksimal dan serahkan hasilnya sama Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f