Langsung ke konten utama

Zona Nyaman atau Zona Aman?

Assalamu'alaikum para readers..
Nah Alhamdulillah hari ini berkesempatan untuk ngeblog lagi.. Ya karena mungkin saat ini lagi berusaha agar diri sendiri produktif disaat wabah corona dan mengharuskan tetap di rumah aja.
Gak nyaman mungkin terlalu lama berada di rumah karena pada dasarnya saya adalah sseorang yang lebih sering beraktivitas di luar rumah daripada di dalam rumah makanya jadilah menghabiskan waktu dengan ngajar di rumah, memberi tugas, memeriksa tugas, baca buku dan nge blog ini salah satunya. Kenapa nge blog? berharap apa yang telah dibaca bisa ditulis dan bermanfaat untuk orang lain.

 Ngomong - ngomong soal nyaman, kali ini saya ingin membahas mengenai zona nyaman dan zona aman. Apa sih zona nyaman dan zona aman? yuk simak kita bahas satu persatu.

picture from google


Zona nyaman adalah tingkat energi membuat kita merasa pas dengan diri kita (Steve Warton, 2005). Menurut Alvy (2019), zona nyaman adalah sebuah keadaan dimana kita merasa nyaman dengan keadaan tersebut. Sedangkan zona aman menurut kbbi adalah suatu keadaan dimana kita bebas dari bahaya atupun gangguan. Sering kali zona nyaman dan zona aman ini berkaitan, ada yang berkata zona nyaman belum tentu di zona aman, sedangkan zona aman sudah pasti di zona nyaman. Lantas apakah keduanya baik ?

Terlepas dari baik , saya juga tidak tahu persis karena saya tidak mendalami ilmu psikologi,tapi hanya sedikit bertukar pengalaman atau cerita. Saya pernah membaca sebuah buku dan diceritakan oleh dosen saya juga terkait cerita tentang "Hiu Kecil". Jadi begini ceritanya ada seorang nelayan Jepang yang ingin mempertahankan agar ikan yang ia tangkap tetap dalam keadaan segar. Karena ikan yang berada di dekat pantai sudah sangat sedikit, jadi ia harus mencari ikan ke perairan yang sangat jauh dari pantai, akibatnya ikan yang ia tangkap dan dibawa ke daratan sudah dalam keadaan yang tidak segar, sehingga harga ikan pun jatuh. Untuk mengatasi keadaan tersebut, paguyuban nelayang mengusahakan lemari pendingin yang dibawa di atas perahu, agar ikan tersebut beku dan tidak busuk. Usaha ini pun tidak memuaskan pelanggan penikmat ikan segar, mereka mengatakan cita rasa ikannya telah berkurang karena sudah mati dan dibekukan, akibatnya harga ikan pun tetap jatuh. Langkah berikutnya adalah dengan membawa tangki - tangki besar yang diberikan kondisi ikan tetap nyaman ketika melaut. Ikan yang telah terjaring dimasukan ke dalam tangki dalam keadaan hidup namun berada sangat berdesakan karena yang ikan dimasukkan dalam jumlah banyak. Setelah sampai di daratan dan ikan tersebut dijual pelanggan tetap tidak puas, karena ikan yang dijual dalam keadaan lemas dan dinilai cita rasanya berbeda ketika dalam kedaan segar. Nelayan Jepang tersebut pun kembali berpikir bagaimana  supaya ikan yang ditangkap tetap hidup dan segar. Akhirnya nelayan tersebut menemukan ide yang luar biasa. Ketika nelayan melaut, mereka tetap membawa tangki, namun jumlah ikan yang dimasukkan ke dalam tangki lebih sedikit. Uniknya lagi, setelah semua ikan dimasukkan ke tangki dan siap dibawa ke pantai, nelayan tersebut memasukkan ikan hiu kecil ke dalam tangki. Ikan hiu tersebut memang memakan ikan - ikan yang ada di dalam tangki, namun tidak banyak. Sementara ikan - ikan lain lari dikejar hiu kecil yang berada dalam tangki. Alhasil, ikan - ikan tersebut tetap berada dalam kondisi siaga dan takut yang tanpa disadari telat sampai di pantai. Pelanggan pun merasa puas memperoleh ikan yang tetap hidup dan segar.

Dari kisah hiu kecil tersebut ikan berada dalam kondisi nyaman dan aman ketika berada dalam tangki pertama, namun pelanggan tetap tidak merasa puas, kenapa? karena ikan tersebut tidak memperoleh tantangan  untuk bertahan hidup. Sama seperti zona nyaman dan zona aman tadi, apakah zona tersebut baik? Menurut saya baik atau tidaknya bergantung ke dalam suatu kondisi dimana yang dapat menilai adalah diri sendiri. Ada seorang pekerja, ia sudah bekerja di perusahaan tersebut dalam waktu lebih dari 5 tahun, ia mendapatkan gaji yang sesuai, pekerjaan yang tidak terlalu menekan dirinya, dan teman - teman kantor yang bersahabat serta kedudukan yang bisa dibilang terpandang. Apakah ia berada di zona nyaman dan zona aman? Jawabannya adalah ya, tapi ia terus melakukan hal serupa sampai tidak terasa ia sudah bekerja selama 10 tahun, dan kemudian ia merasakan kejenuhan yang luar biasa, mengapa demikan? Padahal ia sudah berada di zona nyaman dan zona amannya? Jawabannya karena tidak ada hiu kecil tadi dalam pekerjaannya.

Ada yang pernah bilang "keluar lah dari zona nyaman", setelah saya baca buku karya Alvi Syahrin saya tidak sepenuhnya setuju dengan pernyataan tersebut. Karena sejatinya ketika kita keluar dari zona nyaman kita hanya mencari suatu kenyamanan baru? Lantas apakah kita benar - benar keluar dari zona nyaman padahal kita hanya mencari suatu kenyamanan baru. Balik lagi ke kasus pekerja tadi, apakah ia harus keluar dari pekerjaannya? Jawabannya tidak tapi ia hanya perlu mencari "hiu kecil" dalam pekerjaannya. Kita perlu "hiu kecil" dalam menjalani kehidupan, "hiu kecil" itulah yang disebut tantangan. Tantangan sesungguhnya membuat seseorang semakin matang dan dewasa dalam perkembangan mental. Tantangan ini juga yang memuat hidup lebih dinamis dan tidak menjenuhkan. Tantangan yang dilakukan dengan baik akan memberikan pembelajaran berharga bagi kehidupan seseorang.

Dipenghujung tulisan ini, saya berpesan carilah hiu kecil dalam hidup kalian, boleh berada dalam zona nyaman dan zona aman tapi ingat jangan sampai terlena terlalu lama.

Sekian tulisan dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk para readers..
Wassalam..

Sumber :
Marpaung, Parlindungan. 2006. Setengah Isi Setengah Kosong. Bandung : MQS Publishing
Syahrin, Alvi. 2019. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa - apa. Jakarta : Gagas Media
Warton, Steve, 2005. How to Stop That Bully. Yogyakarta : Kanisius

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f