Langsung ke konten utama

Belajar dari Sejarah!

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatu.
Tadinya saya berniat mau nyoba nulis setiap hari berdasarkan referensi yang saya dapat baik dari kajian (online/offline) atau dari buku yang sudah saya baca, tapi faktanya ternyata istiqomah itu sangat sulit dan akhirnya ketika nulis pun ngumpulin niat dan mood pun yang lama, kadang udah niat tapi mood blm datang, kadang udah ada niat sama mood eh idenya mentok, ya itulah mungkin yang dialami oleh penulis - penulis amatir macam saya. hheheh
Kenapa saya niatkan untuk menulis (read : ngeblog) setiap hari? ya, karena saat ini seluruh belahan bumi tak terkecuali di Indonesia sedang dalam wabah virus Corona dan hampir seluruh kegiatan di rumah, termasuk kegiatan saya yang biasa mengajar di sekolah kali ini dilakukan di rumah, jadi kebayang kan, saya yang biasanya di rumah hanya untuk istirahat karena di sekolah kadang bisa dari pagi - pagi buta dan pulang menjelang maghrib kini harus seharian #dirumahaja, bosan, jenuh bahkan kalo kata anak jaman now bete atau eteb (kata bete dibalik), dan ngerasa saya harus tetap produktif walau hanya #dirumahaja. Sebenarnya dalam hati pun ingin sekali ikut terjun langsung ke lapangan bantu apa aja untuk menyelesaikan masalah virus ini, tapi saya sadar ini bukan keahlian saya karena ini masalah kesehatan dan ranah saya ada di pendidikan, jadi wadah blog ini menjadi media saya untuk tetap bisa juga berkontribusi walau tidak secara langsung, karena kalau saya terjun langsung khawatir malah membuat tenaga medis atau lainnya semakin kesulitan karena saya yang justru bukan membantu malah merepotkan. Bukankah setiap orang punya perannya masing - masing? So, lakukan peran kalian sebaik mungkin ya gaaiss para readers ku yang semoga selalu Allah rahmati dan berkahi.

Nah, itu dia prolog dari saya sekaligus curcol yang mungkin kepanjangan ya readers. Biar gak makin ngelantur juga kali ini saya akan bahas terkait sejarah nih. Masih ada hubungan sama wabah tadi gaiss. Yuk langsung cikodot aja heheheh

picture from google
"JANGAN SEKALI - KALI MELUPAKAN SEJARAH" Itulah petikan kata yang pernah Bung Karno (Presiden pertama RI) katakan di sebuah bukunya.
 Ya awalnya saya tidak benar - benar paham akan kata - kata tersebut. Dahulu saya sering berpikir "ngapain sih gua belajar sejarah, yang harus mengingat kejadian - kejadian masa lalu bahkan kalo dalam pelajaran sekolah harus ingat sampai tahun kejadian tersebut." Itu pikiran saya zaman dahulu saat masih sekolah dan ketika duduk di kelas IPA pun masih harus belejar sejarah. Saya berpikir "yaudahlah yang lalu biarlah berlalu dan tidak perlu mengingat masa lalu." Sampai saya tersadarkan ternyata belajar sejarah itu penting itu tau dari beberapa teman saya yang memang berkuliah di jurusan sejarah. Kenapa penting? Sadar atau tidak bahwa setiap peritiwa wang terjadi sebetulnya sudah terjadi juga di masa lalu, artinya apa sejarah akan terus berulang yang berbeda hanyalah pemeran di dalamnya atau terkadang tempatnya juga berbeda. Tau dari mana? Kita ambil contoh dari wabah virus Corona ini, sebenarnya ini bukan wabah pertama yang ada di belahan bumi, ada wabah SARS, flu burung, ebola dan lain sebagainya, bahkan dalam masa khalifah Umar bin Khattab itu pernah ada wabah yang namanya tha'un, wabah tha'un itu sama menyeramkannya seperti sekarang penyebaran yang begitu masif, lalu apa yang beliau lakukan? beliau memanggil sahabatnya bernama Amr bin Ash, beliau adalah orang yang kata para ustadz biasa menyelesaikan masalah yang sulit - sulit, Amr bin Ash menjelaskan wabah ini terjadi dan semakin banyak yang terinfeksi karena berkumpul, akhirnya Amr bin Ash memisahkan orang - orang tersebut, dan melarang orang di wilayah terkena wabah tidak pergi meninggalkan wilayah tersebut, pun orang di wilayah yang tidak terkena wabah jangan masuk ke dalam wilayah tersebut, akhirnya apa dalam hitungan hari wabah tersebut berhasil di selesaikan. Cara inilah yang saat ini disebut sebagai "LOCKDOWN" atau bahasa Indonesianya "Karantina Wilayah". Nah itu salah satu contoh bahwa sejarah itu akan berulang atau terjadi lagi di masa yang akan datang. Contoh lainnya banyak silahkan kalian cari tahu sendiri karena ilmu saya yang masih amat sangat terbatas jadi saya tidak akan menjelaskan banyak contoh.. hehehe
Sebenarnya itu juga mengapa di dalam Al - Qur'an pun paling banyak menjelaskan tentang sejarah, baik sejarah para Nabi ataupun sejarah para musuh Nabi, sisanya menjelaskan tentang apa? Sebagian yang lain mejelaskan tentang pengetahuan dan sebagian lainnya menjelaskan tentang kehidupan setelah kematian, itu ilmu yang saya dapat dari kajian yang pernah saya singgahi. 

Jadi kesimpulan yang ingin saya sampaikan belajarlah dari sejarah bukan untuk mengenang masa lalu tapi untuk bisa mengetahui tindakan apa yang harus kita ambil ketika menghadapi masalah. Dan yang perlu diingat juga ditengah wabah seperti ini, seperti yang saya sampaikan di awal setiap orang punya perannya masing - masing, ketika peran kita harus di rumah aja ya mohon disiplin untuk di rumah aja, jangan malah ngeyel dikasih libur malah liburan ke luar kota atau luar negeri, kan malah bikin virus nya semakin menyebar dan membuat orang yang terinfeksi semakin banyak. Saya tegaskan sekali lagi "AMBIL PERANNYA MASING - MASING."
Sekian dari saya, semoga tulisan yang amat sangat sederhana dari orang yang fakir ilmu ini bermanfaat untuk para readers. Salam semangat dan tetap produktif, karena apabila seseorang tidak disibukkan dengan kebaikan maka ia akan disibukkan dengan maksiat.
Wassalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f