Langsung ke konten utama

Sabar Ada Batasnya Gak Sih??

Assalamu'alaikum.
Sering kali kita mendengar seseorang mngucapkan sabar tuh ada batasnya. Tapi apakah kalimat tersebut benar? Jika iya apa ada buktinya? Dan apa batasannya?




Setelah saya cari tahu mengenai hal tersebut dari berbagai sumber. Tahukah kalian ternyata kesabaran itu tidak ada batasnya. Yang membatasi kesabaran itu adalah diri kita sendiri. Tidak ada ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang batasan kesabaran umat manusia.

Lalu apa sih arti sabar itu sendiri? Sabar merupakan buah dari ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Sabar terhadap cobaan dan ketentuan Allah SWT merupakan sikap konsisten seorang mukmin. Sabar merupakan sikap seorang mukmin untuk senantiasa berpegang teguh pada kitab Allah SWT, bukan melemparkan dalilnya karena beratnya cobaan yang diberikan. Sabar juga menjadikan seseorang kepada Tuhannya bukan menjadikannya semakin jauh karena menganggapnya cobaan adalah suatu ketidakadilan.

Kesabaran dalam terminologi masyarakat kita banyak disalahartikan. Masyarakat kita banyak mengartikan sabar sebagai diam, tidak membalas, menerima ataupun pasrah. Pengertian ini sangat berlainan dengan arti dalam bahasa arab. Sabar dalam bahasa arab diartikan tetap berusaha, tetap berjuang dan tetap berharap. Sabar adalah kombinasi yang harmonis antara rasa syukur, optimisme dan persistensi. Rasa syukur dapat mengkonversi kondisi terburuk menjadi mempunyai hikmah dan kebaikan. Optimisme adalah kemampuan kita menciptakan harapan. Dan persistensi adalah kesadaran diri untuk tetap bergerak, berusaha dan berjuang.

Sabar is unlimited. Sabar adalah sikap tinggi yang hanya dimiliki orang mulia. Allah mensejajarkan sabar sama dengan solat dan menyuruh kita untuk selalu berpegang pada keduanya. Bukankah Allah berfirman dalam al-Baqaroh 45:

“Dan memintalah kamu pertolongan dengan kesabaran dan solat, sesungguhnya ia amatlah susah kecuali bagi orang-orang yang khusyu.”

Lihat bagaimana Allah meletakkan sabar sebagai salah satu elemen penting dalam mencapai sesuatu. Dan sudah pula disinyalir akan beratnya bersabar maka tidak heran kalau kemudian sabar juga memiliki efek pahala yang besar.

Menurut saya orang yang mengatakkan 'sabar ada batasnya' atau 'kesabaran saya sudah habis'. Maka sebenarnya dia belum bersabar sama sekali. Bahkan ia belum pernah bersabar. Dan sesungguhnya dengan ia mengatakkan hal tersebut ia menunjukkan kelaemahnnya atas ketidak sangupan dia menghadapi cobaan yang Allah SWT berikan. Orang yang mengatakan sabar ada batasnya adalah orang-orang modern hidup dizaman yang amat jauh jaraknya dari zaman para nabi dan amat dekat dengan kiamat.

Selain itu, kesabaran juga bisa membantu kita dalam meraih sebuah kesuksesan. Jikalau kesabaran kita ada batasnya maka kesuksesan yang akan kita raih juga ada batasnya dong? Tidak mau kan kalau kesksesan kita diberi batasan? Oleh karena itu berhintilah berpendapat kesabaran itu ada batasnya. Dan optimislah terhadap segala cobaan yang diberikan kepada kita. Mari kita ubah pola pikir kita mengenai batasan sebuah kesabaran.

Wassalam..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesempatan Hanya Datang Sekali!

Assalamualaikum kawan... Kali ini saya hanya ingin berbagi motivasi dan pengalaman sama kalian semua. Nah untuk judaul artikel yang satu ini pasti sudah umum banget untuk di perbincangkan, dan tentunya kalian pasti pernah ngalamin sendiri kejadian seperti ini, yah sama halnya dengan saya. KESEMPATAN? apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengar kata itu? Tentunya banyak sekali definisi atau pengertian yang kalian tahu mengenai kata tersebut.

Cara Mengecek Baterai Handphone

Assalamualaikum.. Kawan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sama kalian yang sebenernya udah cukup lama di dapat tapi baru sempat share.. Nah zaman sekarang tuh, teknologi sudah berkembang dengan sangat cepat, dan tentunya handphone sudah tidak asing dengan kehidupan orang-orang. Apalagi gak sedikit juga yang ketergantungan sama hp.. hayoo ngaku.., heheh Nah, pernah gak sih kalian ngerasa kok baterai hp kalian boros banget atau kok kalo di charge gak penuh-penuh? Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi karena ada masalah dengan baterai hp kalian.. gak usah terlalu banyak prolog langsung aja ya..

‘ENAK’ HIDUP DI ZAMAN RASULULLAH

picture from google Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa “Masa yang terbaik adalah pada masa ku (Rasulullah), kemudian masa berikutnya dan masa berikutnya.” Bisa dibayangkan saat ini kita hidup dimasa yang sangat jauh dengan masa Rasulullah, dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa masa kita saat ini sangat berbeda jauh dengan masa Rasulullah dimana keimanan para sahabat Rasulullah yang sangat luar biasa tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan keimanan kita saat ini. Bisa kita ambil contoh salah satu sahabat yang kekayaannya sangat luar biasa, dijamin masuk surga, termasuk dalam salah satu Khalafaur Rasyidin (Pemimpin yang bijaksana). Utsman bin Affan. Itulah nama beliau, dimana beliau juga termasuk kedalam sahabat yang awal mengimani Rasulullah setelah diajak oleh Abu Bakar Ash Shiddiq. Beliau termasuk sahabat Rasulullah yang memiliki kekayaan melimpah, tapi dari kekayaan itu tidak menjadikan beliau cinta dunia dan gelap mata lantas menghambur – hamburkan ke dalam kesenangan f